From: <ganisadikusuma@>
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Tuesday, April 21, 2009 5:20 AM
Subject: Informasi
 
Saya mhsswa s1 tingkt akhir.kira2 msi mungkin apa tidak apabila ingin  melanjutkan ke sekolah penerbang?
ad berapa dan apa saja sekolah penerbang di indonesia?
Butuh pndidikan berapa lama untuk mnjadi seorang pilot boeing,airbus,dll?
Berapa kira-kira biaya untuk pendidikan sekolah penerbang dr awal sampai lulus?
Mohon informasi'y..
-thanks-

halo,
terima kasih telah mengirim email pada kami. Semua pertanyaan anda pernah dijawab di halaman FAQ: Artikel - FAQ
http://ilmuterbang.com/index.php/artikel-mainmenu-29/faq-mainmenu-77
dan di blog Menjadi Penerbang
http://ilmuterbang.com/index.php/blog-mainmenu-9/menjadi-penerbang-mainmenu-83
Daftar sekolah penerbangan ada di : Pranala - Sekolah penerbangan
http://ilmuterbang.com/index.php/link/sekolah-penerbangan-mainmenu-53

Biaya, waktu belajar, dan syarat memasuki sekolah penerbang dapat diketahui dari masing-masing sekolah yang bersangkutan karena perbedaan program yang ditawarkan oleh setiap sekolah.
Mohon hubungi sekolah yang bersangkutan untuk informasi.

Terima kasih dan sukses selalu,
admin


----- Original Message -----
From: Nugraha Putra
To: web admin ilmuterbang.com
Sent: Saturday, April 18, 2009 7:58 AM
Subject: bertanya informasi SID, Enroute dan STAR



halo mas atau mba, saya ingin meminta bantuannya, bagaimana cara untuk membaca SID, en-route dan STAR chart??? saya berusaha untuk mengerti dengan membaca sendiri tapi saya tidak mengerti juga, saya mohon bantuannya
terima kasih sebelumnya

Halo Nugraha Putra,
 
Terima kasih telah mengirim email pada kami. Keterangan tentang SID, Enroute Chart dan STAR tidak cukup untuk diterangkan dalam sebuah email.
Silahkan baca di attachment yang kami lampirkan yang dapat di unduh di website FAA. Ada sedikit perbedaan dengan prosedur dan sistem radar negara selain USA , tapi hanya dokumen ini yang dapat kami sebarkan tanpa melanggar copyright/ hak cipta.
 
Karena besarnya file, maka kami kirimkan dalam 3 email, dengan Subject SID, Enroute dan STAR.
 
Sedikit keterangan,
a. SID atau DP (Departure Procedure) dapat dibaca di attachment Take Off and DepartureCH 02.pdf mulai halaman 19.
b. Sistem Enroute dapat dibaca di attachment Enroute CH-03.pdf
c. STAR dapat dibaca di attachment Arrival CH-04.pdf
 
Jika ada bagian yang kurang jelas dari dokumen yang kami lampirkan, silahkan mengirim email lagi pada kami.
 
Selamat belajar dan sukses selalu,
admin
lampiran dari: http://www.faa.gov/library/manuals/aviation/instrument_procedures_handbook/

 

----- Original Message -----
From: Qaulan tsakilan
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Thursday, April 16, 2009 1:01 PM
Subject: pertanyaan organisasi dirgantara
Kebetulan saya termasuk pecinta dirgantara dan saya sebenarnya ingin bergabung  di organisasi-organisasi yang menyangkut kedirgantaraan.Tetapi saya tidak tahu bagaimana caranya untuk bergabung di organisasi tersebut.mohon penjelasannya,terima kasih


Assalamualaikum wr.wb,
Terima kasih telah mengirim email pada kami. Kami kurang jelas dengan organisasi dirgantara yang anda maksud. Karena cukup banyak organisasi yang ada.
Di Indonesia, semua organisasi dirgantara berada di bawah FASI, Federasi Aero Sport Indonesia, www.fasi.or.id. Di bawahnya ada terbang layang, aeromodelling, pesawat swayasa dan terjun payung serta kegiatan lainnya.
Jika anda ingin menjadi anggota pencinta dirgantara secara umum, anda dapat mendaftar di www.indoflyer.net, sebuah situs dirgantara yang juga menyediakan beberapa kegiatan berkenaan dengan kedirgantaraan.
Untuk FASI sendiri, biasanya ada perwakilan di setiap daerah. Coba hubungi Lanud TNI yang terdekat, karena biasanya kegiatan FASI di fasilitasi oleh TNI-AU.
 
Silahkan kirim kembali email pada kami jika ada yang belum jelas.
Terima kasih dan sukses selalu.
 
admin

----- Original Message -----
From: Wili Wili
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Friday, April 10, 2009 12:49 PM
Subject: gud day sir..need your recomendation and advice

halo nama saya wili berumur 23 thun dan baru saja lulus dari STMT trisakti jurusan man.tranportasi udara . saat ini saya sedang mengikuti ujian masuk beasiswa sekolah pilot yg diadakan oleh batavia air dan aeroflyer!
just in case i failed,saya ingin mencoba untuk masuk ke sekolah pilot swasta lainnya..yang ingin saya tanyakan adalah"rekomendasi untuk sekolah pilot yang qualified baik itu di dalam maupun luar negri dan sesuai dgn budget saya(FYI sya hanya memiliki cadangan dana sebesar 380jtaan),sya sangat berkeinginan dan bercita2 untuk bisa berkarya di bidang ini.mohon bantuan saran'na..trimaksih bnyak sir

 

Halo Wili,
Selamat dan semoga sukses dengan ujian beasiswanya. Moga-moga informasi berikut tidak diperlukan. :)
 
Semua sekolah penerbang di Indonesia relatif sama, jadi silahkan cari informasi langsung di sekolah-sekolah di Indonesia (hampir semua ada di Halim) untuk harga dan fasilitas yang ditawarkan.
Sedangkan untuk sekolah di luar negeri, USA masih merupakan tempat yang cukup murah dan berkualitas dibandingkan dengan negara lain. Silahkan cari dengan google. Tips untuk mencari sekolah dapat dilihat di blog menjadi penerbang.

Phillipine juga merupakan negara yang menyediakan beberapa sekolah penerbang. Silahkan juga search di google untuk sekolah di Phillipine.
 
Selamat belajar, sekali lagi semoga ujiannya lancar dan sukses selalu. Ditunggu kabarnya untuk berita sukses selanjutnya.
 
admin

----- Original Message -----
From: Kalma Noveka Wikanto
To: web admin ilmuterbang.com
Sent: Tuesday, April 07, 2009 1:07 PM
Subject: Re: Tanya Gaji

saya ingin tau perbandingan gaji pilot airline dengan pilot pesawat carter.
terima kasih

 


halo,
Gaji pilot relatif sama antara airline dan charter, tergantung pesawat yang digunakan, lokasi kerja, biaya hidup, kebijakan perusahaan dll. Jadwal Airline akan lebih teratur dibandingkan jadwal penerbangan charter.
salam
 
 

----- Original Message -----
From: Kala'tiku Pongtambing
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Saturday, April 04, 2009 9:07 PM
Subject: Tentang Pilot

Selamat malam, saya ingin menanyakan.

Apakah faktor gigi berlobang dan varises merupakan sebuah pantangan atau larangan untuk menjadi seorang pilot, ? jika iya mohon dijelaskan
Apakah pengunaan reverse thrust digunakan berdasarkan runway distance pada sebuah bandara ? Biasa pada saat sy naik pesawat domestik kebanyakan para pilot selalu menggunakan reverse thrust untuk melakukan pendaratan.
Terima kasih sebelumnya

Salam.

Tato’


Halo Tato',
Menurut pengalaman kami, gigi berlubang tidak menjadi pantangan untuk menjadi pilot, asal sudah ditambal dengan rapi oleh dokter dan mungkin dengan batasan tertentu. Kami kurang tahu mengenai varises. Mungkin juga tidak menjadi masalah besar tapi tetap tergantung seberapa parah keadaannya.
 
Penggunaan reverse thrust untuk operasi normal bukanlah keharusan dan menjadi "bonus" bagi penerbang untuk berhenti dengan cepat dan menghemat rem. Tapi dalam beberapa keadaan non-normal, thrust reverser menjadi keharusan, atau jika tidak ada reverse thrust maka panjang landasan yang dibutuhkan akan lebih panjang dari keadaan normal.
 
terima kasih,
admin

----- Original Message -----
From: Ilham Roni
To: Ilmu Terbang
Sent: Thursday, April 02, 2009 9:28 AM
Subject: Salam!

Selamat Siang!!
Saya mau nanya :
1. apa-apa saja ya,syarat masuk Deraya flying School?? Karna saya mau ngambil Pilot.
2. Berapa biaya sekolah di sana selama belajar?? Dan berapa lamanya sekolah di DERAYA flying school kalau ngambil Pilot??
3. Apa ada game yang bisa mengajarkan cara mengendalikan Pesawat?? kalau ada,nama game nya apa?? Kira-kira harga software berapa??
4. Apa ada alat untuk mengendalikan Game tersebut?? Maksudnya agar seperti nyata mainnya.. hehe

         Maaf,karna pertanyaan saya terlalu banyak...

Halo,
Salam kenal.
 
Untuk masuk dan mendapat informasi ke salah satu sekolah penerbang anda harus menghubungi mereka langsung. Detail kontaknya ada di menu Pranala - Sekolah penerbang.
 
Game yang paling terkenal untuk belajar mengendalikan pesawat adalah Microsoft Flight Simulator. Versi yang terbaru adalah MS Flight Simulator X. Jika spesifikasi komputer anda tidak terlalu tinggi anda bisa coba MS Flight Simulator 2004. Silahkan tanyakan di toko penjual software.
 
Alat untuk mengendalikan game flight simulator agar seperti aslinya adalah Joystick. Ada banyak merek joystik yang beredar di pasaran. Sedikit tentang simulator bisa di baca di : http://ilmuterbang.com/index.php/blog-mainmenu-9/blog-umum-mainmenu-82/183-autopilot-di-microsoft-flight-simulator-
 

Sukses selalu,
admin

----- Original Message -----
From: subali
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Wednesday, April 01, 2009 7:44 AM
Subject: mohon tutorial

Saudara (Mas/Mbak) Admin, saya sangat tertarik dengan penerbangan. Dikarenakan saya sudah bekerja, jadi kemungkinan untuk mempelajari penerbangan semakin kecil. Sekarang saya menggunakan Microsoft flight simulator 2004 sebagai sarana penyaluran ketertarikan saya terhadap dunia penerbangan.

Saudara (Mas/Mbak) Admin, apabila tidak keberatan, saya mau minta dikirimi referensi tentang teknik2 penerbangan, saya sudah punya copyan buku “The Ultimate Flight Simulator Pilot’s Guide” karya Nick Dargahi, namun Cuma beberapa bab saja yang lumayan membantu. Saya mohon Saudara (Mas/Mbak) Admin tidak keberatan dengan permohonan Saya ini.

Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih.

Halo Subali,
Senang mendengar ada orang seperti anda yang punya minat pada penerbangan. Untuk panduan tentang menerbangkan pesawat dan semua ilmu yang terkait dapat anda download di :
http://www.faa.gov/library/manuals/aviation/pilot_handbook/
 
Saya (laki2 :) ) sedang mencoba menterjemahkan buku tersebut dan dapat anda lihat di menu Artikel - Teori Penerbangan - PPL. Jika anda membaca handbook tersebut dan masih ada yang kurang jelas, silahkan email pada kami. Silahkan cari handbook lain yang anda sukai di folder yang lebih tinggi di http://www.faa.gov/library/manuals/
 
Sukses selalu.
admin

 

----- Original Message -----
From: Agung Cornelius
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Tuesday, March 31, 2009 3:34 PM
Subject: Bertanya

Hai Saya Agung... dari Medan...
Pak Admin Saya Pengen jadi Pilot..Tapi Menurut Saya Harga uang Skul Penerbangan untuk ambil CPL Masih terlalu Mahal (sampai 200-500 jutaan)... Sedangkan Orang Tua  Tdk bisa mencukupi sampai setengah Milliar...
Jadi Bagaimana ya tentang masalah Ekonomi seperti Saya???
Dan Apa Bisa Saya Bayar Bila saya sudah lulus (Istilahnya Kredit)??
Dan Apa Bapak Admin Bisa bantu???

Halo Agung,
Untuk biaya sekolah yang terjangkau adalah STPI Curug, lihat pengumuman mereka di stpicurug.ac.id
Untuk sekolah gratis, biasanya perusahaan seperti PT. Batavia membuka kesempatan beasiswa penerbang. Sayang untuk tahun ini pendaftaran baru saja ditutup. Silahkan baca di media massa. Website ilmuterbang.com akan selalu menerbitkan berita beasiswa jika kami menemukannya di media massa.
Kredit untuk sekolah penerbang pernah di iklankan oleh sebuah agen sekolah penerbang http://www.trinitasair.com/, silahkan hubungi mereka untuk keterangan lebih lanjut.
Sukses selalu,
admin

----- Original Message -----
From: Kitajima Shinnosuke
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Tuesday, March 31, 2009 11:02 AM

thanks bang admin atas nasehatnya
kalo boleh tw sklh pilot bgsny dmn?syarat apa aja?trus kira2 abis biaya brp? saya jg ad rencana mw kuliah dulu baru ntar sklh lg (kalo ad rejeki) di sklh pnrbgn.
Masalah utama saya adalah biaya. Kalo inggris kan tinggal les aja,khe8
Ok deh,skian dulu mail saya
Sukses slalu

Halo,
Sekolah yang paling terjangkau biayanya adalah di USA. Atau anda bisa coba cari informasi untuk sekolah di Phillipine.
Biasanya biayanya tergantung tempat dan fasilitas, antara 30 ribu sampai 60 ribu US Dollar.
 

----- Original Message -----
From: bam bams
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Monday, March 30, 2009 7:06 PM
Subject: kpd ilmuterbang.com

saya sandro bramantyo. saya ingin sekali menjadi pilot karena itu cita-cita saya dari kecil.saya sekarang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. yang ingin saya tanyakan, apakah sekolah penerbang yang dibuka di indonesia menerima lulusan sarjana?berapa batasan usia sebagai persyaratan untuk masuk sekolah penerbang?mohon bantuan dari ilmuterbang.com untuk memberi jawaban kepada saya melalui email atau  melalui web ilmuterbang .com sendiri. trimakasih .

 

Halo Bram,
 
Jawabannya sebenarnya sudah ada di website ilmuterbang.com di pertanyaan pembaca tentang menjadi penerbang. Pada dasarnya sekolah penerbang adalah kursus kecakapan, jadi anda bisa masuk kapan saja. Silahkan hubungi sekolah yang anda tuju. Tidak ada batasan usia untuk menjadi pilot. Batasan yang ada di buat oleh sekolah yang bersangkutan untuk seleksi siswa. Daftar sekolah di Indonesia ada di website ilmuterbang.com di menu Pranala - Sekolah penerbangan.
Saya sendiri lulus sarjana sebelum menjadi pilot.
Sukses selalu.
 
admin

 ----- Original Message ----- From: "Fuad Ashari Ashari"

 

To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
 Sent: Thursday, March 26, 2009 5:20 PM
 Subject: Tanya

Saya fuad, website apa yg bs membrth saya tentang sekolah-sekolah pilot
 trutama yg berada d jabar dan jateng. ? Trima kash


Halo Fuad,
Sampai saat ini belum ada sekolah pilot di Jabar dan Jateng. Semua sekolah pilot ada di bawah menu pranala - Sekolah Penerbangan.
Mudah-mudahan di masa yang akan datang, ada sekolah penerbang di setiap propinsi di Indonesia.
Terima kasih,
admin

 

To: "Admin ilmuterbang.com" <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Sunday, March 29, 2009 4:44 AM
Subject: Tanya


 Saya SMA kels 12, Apakah saat ini saya mash bisa mendaftar di salh 1  sekolah pilot yg berada jakarta atau banten ?


Admin ilmuterbang.com wrote:
Halo Fuad,

Halo Fuad,
Secara regulasi anda bisa masuk ke sekolah penerbang asal sudah berusia 17 tahun. Silahkan hubungi sekolah yang anda tuju.
Sukses selalu,

 

 

----- Original Message -----
From: Adi Atmaja Atmaja
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Saturday, March 28, 2009 7:29 AM
Subject: asking something !


Assalamu alaikum Wr Wb, apa kabar kak admin lama tidak bertemu ? Baik saya mau tanya sesuatu :
1. Mengapa pada saat landing di angin kencang ( wind shear) posisi pesawat menyamping  atau terlihat tidak sejajar dengan runway, bisa dijelaskan.
2. Apa perbedaan FIDS dengan FMS (component of cockpit).
3. Kalau pesawat Boeing 737-xxx sedang taxing untuk berbelok itu menggunakan apa ?
5. Apa fungsi dari IRS  

Assalamualaikum,
1. Angin kencang belum tentu windshear, windshear adalah angin yang berubah arah dan kecepatan dengan tiba-tiba sehingga mempengaruhi kinerja pesawat terbang. Mungkin maksudnya adalah crosswind, yaitu angin dari arah samping pesawat. Pada dasarnya pesawat "menumpang" di udara tempat dia terbang. Jika udara itu mengalir ke satu arah, maka pesawat akan terbawa/"drift" ke arah tersebut.
Bayangkan hal berikut. Misalnya pesawat akan mendarat di landasan yang membujur dari selatan ke utara. Jadi pesawat datang dari arah selatan dengan hidungnya menghadap ke utara. Dalam keadaan tidak ada angin, maka pesawat akan terbang lurus dan mendarat dengan hidung menghadap ke utara.
Sekarang jika ada angin dari sebelah kiri pesawat (dari arah barat)  maka pesawat akan terbawa ke kanan oleh udara yang kita sebut angin itu.Hasilnya, jika pesawat akan mendarat dengan hidung menghadap ke utara maka pesawat akan bergeser ke kanan terbawa angin dan akan mendarat di luar landasan karena arah terbang pesawat tidaklah ke utara tapi agak ke timur.
Untuk melawan angin yang datang dari barat, maka pesawat harus dihadapkan sedikit ke barat sehingga arah terbangnya tetap lurus ke utara. Teknik ini disebut "crabbing", karena seperti kepiting yang berjalan miring.
Pada saat akan menyentuh landasan, maka pesawat akan diluruskan dengan landasan oleh penerbangnya dengan teknik lain yang disebut one wing low untuk pesawat konvensional.
2. FIDS adalah layar di bandar udara yang menampilkan jadwal penerbangan pesawat. Coba datangi bandara terdekat untuk melihat FIDS ini di ruang jemput penumpang. Sedangkan FMS adalah komputer di pesawat yang membantu navigasi dan perhitungan dalam pesawat udara.
3. Pesawat Boeing 737 menggunakan roda depannya untuk berbelok dengan dikendalikan oleh "steering whee" (setir kecil) yang ada di sebelah pilot.
4. IRS (Inertial Reference System) atau INS (Inertial Navigation System) adalah alat yang mendeteksi gerakan pesawat dan menghitung posisi pesawat berdasarkan gerakan yang terdeteksi. Untuk memulai kerjanya, IRS harus di "beri tahu" posisi awal. Biasanya sebelum terbang, penerbang akan memasukkan kordinat posisi pesawat di FMS untuk di kirim ke IRS. Untuk pesawat dengan GPS (Global Positioning System), proses ini bisa berjalan dengan otomatis, karena posisi pesawat diambil dari perhitungan dengan satelit yang diterima oleh GPS.
Setelah di"beritahu" posisi awal, maka pada saat pesawat mulai bergerak, IRS akan "merasakan" gerakan itu dan mulai menghitung jarak dan arahnya dari posisi awal. Jadi jika radio navigasi di darat atau alat navigasi GPS mengalami kerusakan, maka posisi terakhir bisa diketahui dari perhitungan IRS.
Perhitungan IRS ini tidak seakurat GPS ataupun perhitungan jarak dengan menggunakan radio navigasi di darat, tapi di pesawat modern gabungan antara posisi GPS, radio navigasi dan IRS dijadikan acuan untuk menentukan posisi dengan sangat akurat.  
 
 

----- Original Message -----
From: "abdul haris
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Sunday, March 22, 2009 10:58 AM
Subject: great job


Dear Sir/Madam...

Saya baru saja berkunjung ke blog anda, dan saya sangat salut untuk kerja keras anda dalam membangun blog Ilmu terbang.
suatu blog yang sangat informatif, edukatif, dan sangat menolong mengenai ilmu penerbangan.

trimakasih untuk ilmu terbangnya.

saya mohon izin utk men-save info2 yg saya perlukan karena saya tertarik ntuk menjadi pilot. mungkin, jika anda berkenan, saya ingin menjadikan anda tempat saya
bertanya atau sebagai mentor saya nantinya. sekali lagi, great job n best regards,

-harris putra-

Halo Harris,

Terima kasih telah membaca ilmuterbang.com. Senang mendapat respon yang positif dari anda.
Tidak perlu ijin untuk memakai semua artikel di ilmuterbang.com. Semua materi ilmuterbang dapat dipakai untuk keperluan pribadi secara gratis, bahkan jika anda perlu untuk keperluan diluar kepentingan pribadi, anda HANYA harus mencantumkan ilmuterbang.com sebagai sumber materi.
Website ini ditujukan untuk berbagi ilmu penerbangan yang kita miliki jadi anda pun bisa jadi mentor saya :)
Silahkan kirimkan pertanyaan apa saja, bahkan jika kami tidak tahu jawabannya akan kami terbitkan di website agar mendapat respon dari pembaca
lain.
Selamat menikmati ilmuterbang.com,

admin ilmuterbang.com
 

----- Original Message -----
From: INA MASITA
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Monday, March 09, 2009 7:23 AM
Subject: THNX

Thanks jawabannya,
aku jadi semngat lagi ne..tuk jadi pilot,,
oo,ya...
mo nnya lage ne,:)
A.sekolah penerbangan di indonesia yang bagus di manax??
B.berapa lama sekolah pilot???
C.apa biaya sekolah pilot mahal??
D,aku sempet liat wktu di bandara sebelum takeoff ada pegawai pake baju pilot tapi dia mmerisak pesawat,da 3orglah,,itu pilot atau  bagian mekanikx??
C,berapa panjang kaki pilot commmersial??
D,maaf mo nnya apa kamu seorang pilot??:)
    oo,law pertannyaan yg (D)ngk penting tuk di bls gpp,cuman sekedr nnya,
maaf ya pertannyan nya makin bannyak,tapi kata guruku,bannyak bertanya bannyak ilmu dan wawasan yang luas.. ^ ^

--
''c"o"p'i't' I'N'M """""

 


Halo Ina,
a. Saat ini sekolah yang disponsori pemerintah adalah STPI Curug, sedangkan sekolah lain adalah sekolah swasta. Daftar sekolah ada di menu Pranala - Sekolah Penerbangan  
b. Sekolah penerbang dapat diselesaikan antara 8 bulan sampai 2 tahun. Tergantung beberapa hal, silahkan di baca di menu Blog - Menjadi Penerbang - Panduan memilih sekolah penerbang
c.Biaya sekolah swasta di Indonesia sekitar 300 sampai 500 juta rupiah.
d. Pilot harus memeriksa pesawat sebelum terbang, biarpun sudah diperiksa oleh mekanik.
e. Tidak ada minimum panjang kaki seorang pilot komersial, tapi STPI Curug mengharuskan kadetnya mempunyai panjang kaki 100cm.
f. Saya seorang kopilot di sebuah perusahaan airline di timur tengah dan menerbangkan Airbus A330.
Sukses selalu,
admin  

----- Original Message -----
From: INA MASITA
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Sunday, March 08, 2009 9:46 AM
Subject: how

hiii,
ka.Admin how are u???

ne,aku baru umur 15thn dah mo jln ke 16,aku kagum banget ma pilot",karena mereka sellu melakukan tugasnya dengan tulus bahkan nyawa mereka pun jadi  taruannya,memeng pilot adlah Hero..hahaha...aku dari sd udah pinggin buaget jadi pilot,karena aku suka mmegang tanggung jwb yang besar,suka lihat awan,matahari,dan pingin jalan"melintasi segala penjuru,pingin bget cepet" pake bajunya,hahaha...meskipun aku perempuan tapi aku gk takut dengan ketingain....ortuku ok"za tuk aku jadi pilot tapi ada yang mmbuat aku takut:

A.aku mmpunyai tinggi cumen 149cm,apa bisa di terima tuk jadi pilot??
B.apa umur 16 thn udah bisa  sekolah penerbangan??
C.dan apa pilot arus masuk jurusan ipa??
D.aku kan suka bgt koleksi"foto"pilot,tau ngk dimana ada situsnya???ada se aku dapat tapi kecil"mua  cuman itu yang pingin aku tannyakan,mohon bantuannya ya ka,,agar aku bisa mengambil keputusan,,da saran ne

knp ngk di tambah ja flying silmultor,kan lebih bagus,so sembelum jadi pilot dah tau duluan caranya,hahha...

By.Ina
--
''c"o"p'i't' I'N'M """""

 

Halo Ina,
 
Jangan takut untuk mencoba jadi pilot. Di tempat kami bekerja di Timur tengah ini banyak pilot wanita dari segala penjuru dunia.
Jawaban pertanyaan:
A. Tidak ada aturan mengenai tinggi badan ini, cuma biasanya kadet penerbang diberi minimum tinggi kaki untuk menerbangkan pesawat konvensional. Silahkan tanyakan pada sekolah terbang yang anda tuju. Sedangkan sebenarnya pesawat modern seperti Airbus A330 yang memuat 440 penumpang pun mempunyai kokpit yang bisa diatur untuk penerbang dengan tinggi tertentu.
B. Umur 16 tahun adalah usia minimum untuk masuk sekolah penerbangan, sedangkan untuk mendapatkan lisensi CPL minimum berusia 18 tahun. Mengenai CPL bisa di baca di Menu Blog-Menjadi Penerbang.
C. Mengenai jurusan IPA dan Non IPA tidak masalah dan sudah dibahas di menu Artikel Penerbangan - FAQ
D. Sayang sampai saat ini kami belum menemukan situs khusus untuk foto para pilot, mungkin mereka malu di foto :)
 
Sukses selalu,
admin

 

----- Original Message -----

From: Fira Firas
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Saturday, March 07, 2009 7:51 AM
Subject: SEKOLAH PENERBANG

Halo, saya Fira ( wanita, 16 tahun ). Saya mau tanya mengenai :
1)    Apa saja syarat - syarat untuk masuk ke sekolah penerbang
2)    Dan saya juga baca di Internet kalo sekolah penerbang di Australia itu lebih murah daripada di Indonesia. Apakah itu benar? Kalo iya, tolong beri info mengenai sekolah - sekolah penerbang di Australia.
3)    Dalam sekolah penerbang, hal - hal apa sajakah yang dipelajari ?
Sekian pertanyaan dari saya.
Terima kasih


Halo Fira,
1. Syarat minimum untuk masuk sekolah penerbang menurut peraturan keselamatan penerbangan sipil sangat sederhana, bisa di lihat di CASR 61.83
61.83 Eligibility Requirements : Students Pilots

To be eligible for a student pilot licence, a person must :

(a) Be at least 16 years of age, or at least 14 years of age for a student pilot licence limited to the operation of a glider or free balloon ;

(b) Be able to read, speak, and understand the English language, or have such operating limitations placed on his pilot licence as are necessary for the safe operation of aircraft, to be removed when he shows that he can read, speak and understand the English language ; and

(c) Hold at least a current second-class medical certificate issued under Part 67 of the CASRs or, in the case of glider or free balloons operations, certify that he has no known medical defect that makes him unable to pilot a glider or a free balloon.

Sedangkan setiap sekolah menerapkan juga peraturannya sendiri untuk menseleksi siswa penerbang. Silahkan hubungi sekolah penerbang yang anda tuju untuk detilnya. Untuk lulus Commercial Pilot License harus berusia 18 tahun. Jadi masuk usia 16 tahun dan selesai usia 18 tahun juga diperbolehkan.
 
2. Harga berbeda-beda untuk setiap sekolah penerbang. Untuk sekolah di Australia anda bisa menghubungi mereka via email untuk mendapatkan brosur atau keterangan harga. Sedangkan untuk sekolah penerbangan di Indonesia selain email, anda bisa telepon atau datang sendiri untuk mendapatkan informasi. Untuk link/pranala setiap sekolah di Indonesia bisa di lihat di menu Pranala
 
3. Tergantung di negara mana sekolah penerbangan tersebut, karena peraturan dan undang-undang penerbangan yang berbeda-beda setiap negara. Secara garis besar berikut adalah pelajaran dasar seorang penerbang:
 
a. aerodynamics
b. navigation
c. aviation english
d. aviation law
e. aircraft system
f. meteorology
g. human performance
 
Jika masih ada yang kurang jelas silahkan baca FAQ di menu Artikel Penerbangan - FAQ, atau email kami kembali.
 
Sukses selalu,
admin
 

----- Original Message -----
From: Kalma Noveka Wikanto
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Wednesday, February 25, 2009 4:41 PM
Subject: Tanya MS FSX

Pak, saya ingin tau cara menggunakanan trim pada A321 di Flight Simulator X.
Terima Kasih

 
Halo,
Trim pada FS X untuk pesawat apa saja, menggunakan tombol 1 dan 7, jika trimnya tidak berjalan coba aktifkan NUM LOCK.
Terima kasih,
admin

----- Original Message -----
From: wirandi rendi
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Thursday, February 26, 2009 11:46 AM
Subject: ETOPS


saya minta penjelasan mengenai ETOPS dan kenapa B-777 dapat memenuhi persyaratan untuk ETOPS, dan pengetian tentang high speed stall ?

Wirandi,
saya sudah tulis tentang ETOPS di website, silahkan email lagi kalau ada yang tidak jelas di tulisan tersebut. Bisa di search di kolom Cari dengan kata kunci ETOPS. Atau ke link di bawah ini,
http://ilmuterbang.com/index.php/artikel-mainmenu-29/teori-penerbangan-mainmenu-68/25-teori-penerbangan/96-extended-twin-operations-bagian-1
 
High speed stall akan kami tulis di tulisan berikutnya
admin

 

----- Original Message -----
From: Indrijati Pudjilestari
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Friday, February 20, 2009 5:00 AM
Subject: nomenklatur pangkat penerbang dll

Selamat pagi,
Saya Iin. Kebetulan saya sedang membaca buku yang di dalamnya terdapat pangkat-pangkat dalam penerbangan sipil. Yang ingin saya tanyakan adalah adakah istilah bahasa Indonesia untuk First Officer, Flight Engineer, juga pangkat-pangkat lainnya? Sebab di forum-forum dan situs-situs penerbangan di Indonesia, nomenklatur tersebutlah yang selalu dipakai, sehingga terkesan pihak penerbangan sipil tidak mau repot mengalihbahasakan nomenklatur tersebut. Sebagai perbandingan, penerbangan militer memiliki nomenklatur dalam bahasa Indonesia untuk pangkat penerbang dan pekerjaan-pekerjaan yang terkait lainnya. Terima kasih.
 
Salam,

---Iin

Selamat pagi ibu Iin,
 
Salam kenal, terima kasih telah mengirim email pada kami.
Mengenai istilah penerbangan dalam bahasa Indonesia mungkin ada di kamus hukum dan regulasi penerbangan karangan bapak Dr. Martono. Sayang kami tidak mempunyai buku tersebut karena kami tidak tinggal di Indonesia.
 
Website ini juga mencoba untuk membuat semua referensi dalam bahasa Indonesia, sayang kami juga tidak mempunyai referensi untuk menterjemahkan sebuah kata dalam bahasa Inggris penerbangan ke kata Indonesia, karena di kamus kata seperti Flight Engineer menjadi insinyur penerbangan yang rancu dengan insinyur (S1) ilmu penerbangan.
 
Mengapa semua istilah bahasa inggris tersebut tidak/belum diubah, karena dalam penerapan sehari-hari, istilah tersebut dipakai dalam pelatihan penerbang/engineer, radio telephony (komunikasi radio), pengisian logbook baik buku pemeliharaan maupun untuk jam terbang. Bahkan semua laporan penerbangan disampaikan dalam bahasa Inggris. Bahkan mulai tahun 2008, semua penerbang harus memiliki sertifikat bahasa Inggris penerbangan, jadi penterjemahan istilah ke bahasa Indonesia tidak diperlukan dalam penerapannya.
 
Di website ini kami mencoba mengubah itu dengan memisahkan kata bahasa inggris dengan kata bahasa Indonesia, atau menyandingkan kata bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia seperti sudut serang (angle of attack). Kalau anda mengatakan sudut serang saya jamin 95% penerbang Indonesia akan bingung. Masalah lain lagi adalah, kami penerbang tidak punya kemampuan penulisan dalam bahasa Indonesia, dan ini juga terjadi di dalam organisasi otoritas penerbangan sipil Indonesia yang semua referensinya dalam bahasa Inggris.
 
Usaha mengubah ini memang belum dilakukan oleh pihak penerbangan sipil yang terkait di perhubungan udara dephub. Mungkin karena kita masih sibuk membenahi yang ada. Mudah-mudahan otoritas penerbangan Indonesia segera membaharui semua pemakaian bahasanya dengan baik. Semoga website ini bisa membantu usaha tersebut, apalagi jika dibantu oleh editor profesional seperti ibu Iin.
 
Kami juga mohon bantuan ibu Iin untuk mengkoreksi/menambahkan istilah-istilah yang kami pakai untuk meningkatkan mutu website ilmuterbang.com. Mungkin dengan membuat sebuah menu kamus penerbangan di website ilmuterbang.com?
Kami juga mohon informasi jika Ibu Iin mempunyai referensi penterjemahan kata ke dalam bahasa Indonesia yang digunakan oleh penerbangan militer.
Terima kasih, salam.   
 
Admin

---- Original Message -----
From: Marthin Situmeang
Cc: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Monday, February 16, 2009 12:09 PM
Subject: pertanyaan

Saya ingin bertanya bagaimana preventive maintenance untuk setiap bagian baling-baling helikopter??
Terimakasih

Maintenance untuk setiap tipe helikopter ada di masing-masing manual yang bersangkutan, yang disebut Rotorcraft Maintenance Manual. Lihat di CASR part 27.3.a atau CASR 29.3.a (CASR terkait saya attach di email ini).
Jika anda tidak punya manualnya, anda harus membelinya dari pihak ketiga. Silahkan cari di Internet dengan mesin pencari seperti Google. Berikut adalah salah satu site yang menyediakan buku tersebut.
 
http://www.military-manuals.com/3_by_air/blackhawk-helicopter/blackhawk-helicopter-technical-manuals.html
 

----- Original Message -----
From: Ratih Hasanudin
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Monday, February 16, 2009 8:56 AM
Subject: Sekolah Helikopter di Philipina

Salam hormat,
 
Anak lelaki saya yang sekarang duduk di SMU Klas-2, mengatakan keinginannya untuk melanjutkan jenjang pendidikan selepas SMU untuk sekolah penerbang dalam hal ini sekolah helikopter. Dari yang kami dengar banyak yang mengatakan mengirimkan ke Australia atau New Zealand, bukan saja karena bagus tetapi relative dekat dengan Indonesia, tetapi biayanya sangat mahal.
 
Apakah administrator dapat memberikan detail informasi mengenai sekolah helikopter di Philipina yang biayanya mungkin hanya setengahnya dari yang ada di NZ?
 
Terima kasih atas keterangan yang diberikan.
 
salam
rhasanudin

Ibu Ratih Hasanudin yth,
 
Sampai saat ini kami belum mendapat informasi tentang sekolah penerbang helikopter di Phillipine. Kalau kami dapatkan informasinya, maka akan kami sampaikan pada ibu.
Biaya sekolah penerbang pesawat atau helikopter sampai saat ini di USA relatif lebih murah. Tapi pastikan sekolah itu punya ijin untuk menerima siswa internasional yang memegang M1 visa.
Pilihan lain adalah mempersiapkan diri untuk mengikuti Sekbang PSDP (Prajurit Sukarela Dinas Pendek) TNI, sekolah ikatan dinas pendek TNI. Siswa akan dikontrak selama 10 tahun oleh TNI dan setelah sepuluh tahun bisa keluar dari ikatan dinas dan berkarir di sektor swasta.
Pengumuman tentang PSDP TNI biasanya ada di media massa atau  di www.tni.mil.id , untuk penerimaan yang terakhir datanya masih ada di : http://tni.mil.id/sekbang.html
 
Baru itu saja informasi yang dapat kami berikan, semoga berguna. Insha Allah kalau ada informasi lain akan kami sampaikan juga melalui website ilmuterbang.com
Wassalam,
 
admin

----- Original Message -----
From: joel usuman
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Sent: Thursday, February 12, 2009 7:45 AM
Subject: Re: mohon di balas

maaf.........
maksud saya .....jadi engener pesawat terbang...,lebih baikya itu sekolah tehnik mesin umum setelah itu ambil lisensi mesin pesawat terbang atau langsung aja sekolah di sekolah yang ada jurusan tehnik penerbagan???

apa jurusan tehnik penerbagan ada jurusan mesin pesawat dan bisa jadi engenering?????setau saya ngk bisa cz kosentrasinya ngk ada??????

menurut BAPAK gimana?????????

 
Untuk jadi engineer mesin pesawat di airline tidak perlu S1, yang penting ikut pelatihan dan lulus ujian lisensi mesin pesawat terbang.
Jadi sekali lagi, jurusan S1 teknik penerbangan bukan untuk menjadi engineer mesin pesawat. Kalau anda ingin menjadi engineer mesin pesawat, ada 2 kemungkinan:
1. Selesaikan S1 anda, dan ambil kursus lisensi engineer di STPI Curug atau melamar ke airline yang akan menyekolahkan anda untuk mengambil lisensi.
2. Langsung ikut sekolah Teknik Pesawat Udara di STPI Curug

----- Original Message -----
From: hariatha kusuma
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Wednesday, February 11, 2009 6:58 AM
Subject: bertanya sekolah penerbangan

tolong informasi tentang deraya flying school, alfa flying, dan avitation academy lombok tentang kapan dapat mulai mendaftar, soalnya setelah saya kunjungi di web sekolah tersebut belum dapat saya temukan informasinya

saya juga ingin menanyakan tentang syarat gigi harus tidak berlubang, saya ingin menambahkan gigi palsu karena ada gigi geraham saya yang dicabut, apakah masih dapat masuk?

i dewa
tabanan

 
Halo Hariatha Kusuma,
Silahkan hubungi masing-masing sekolah untuk jadwal mereka, karena kami tidak punya hubungan langsung dengan mereka. Lagipula kami tidak berdomisili di Indonesia.
Syarat kesehatan hanya bisa dijawab oleh dokter penerbangan. Silahkan datang ke Kespen Dephub di Kemayoran. Biasanya kalau anda mendaftar pada sekolah penerbangan akan mendapat surat pengantar untuk tes kesehatan.
 
Sukses selalu.
admin

----- Original Message -----
From: joel usuman
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Monday, February 09, 2009 10:29 AM
Subject: Bls: mohon di balas

kepada ilmu terbang......

untuk menjadi seorang engenering pesawat terbang ada baikya saya harus kuliah jurusan apa?????teknik penerbagan atau mesin umum?????

mohon di balas ya ........

 
Ada beberapa jenis engineering di pesawat:
1. Engineering Development
2. Engineer lapangan
 
berikut beberapa jawaban dari teman2 engineer:

EDDY wrote:
Untuk jadi engineer kapal terbang, sebaik nya langsung aja ke kedisipilin ilmu nya, Ada banayk sekolah tinggi teknik penerbangan di beberapa kota di Indonesia , antara lain :STPI di Curug, ada STD di Bandung ,di Jkt juga ada universitas untuk teknik penerbangan di Halim dan pancoran .
Biar lebih Afdhol gitu........

I m r a n wrote:
Maksud dari engineering disini yg mana ya....karena ada 2 jurusan yang berbeda
1. Kalo mo jadi engineer di kantor, bisa kuliah dimana aja dan ambil jurusan teknik mesin or elektonika umum, tapi lebih direkomendasikan ambil jurusan yg spesifik y/ teknik penerbangan, penempatannya akan seperti temen2 di Engineering Development di Tech.Building
 
2. Kalo mo jadi engineer di lapangan/yang langsung touch ke aircraft, rekomendasinya ambil sekolah tinggi seperti STPI karena lulus dari sekolah ini mereka akan langsung mengantongi "general license" secara berarti mereka dah melangkah satu step untuk jadi engineer di lapangan, saya gak tau pasti sekolah tinggi penerbangan lain seperti STPI yang lulus bisa langsung mengantongi general license seperti ini....

Unggul  wrote:
Pak ,
 
dulu ada temen SMA setelah lulus teknik mesin UI akhirnya ngelamar ke Garuda, dia jadi engineer juga setelah mengikuti beberapa kursus, untuk kerja lapangan dia "kalah" sama temen2 engineer yang lulusan STPI tapi pada akhirnya dia dapet promosi duluan di managemen karena menyandang titel insinyur..
 
 

----- Original Message -----
From: Adi Atmaja Atmaja
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Thursday, January 29, 2009 12:11 PM
Subject: asking ?

Kak' bagaimana caranya menggunakan MCP (mode control panel) pada pesawat Airbus Axxx ???

 



Halo Adi,
 
Panel MCP di pesawat Boeing disebut FCU di pesawat airbus A3xx. Keduanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu memberi perintah pada auto pilot dan flight director. Mengenai flight director akan dibahas di tulisan yang berbeda.
 
Biarpun tujuannya sama, cara mengoperasikan MCP dan FCU agak berbeda karena dibuat oleh pabrik pesawat yang berbeda.
Tapi di MS Flight Simulator, cara pengoperasiannya sama dan cukup mudah. Sebelum mulai dengan cara kerja FCU, tombol untuk mengaktifkan auto pilot di Microsoft Flight Simulator adalah tombol Z.
    
Auto pilot di Microsoft Flight Simulator akan mengikuti perintah yang kita berikan di FCU. Ada 3 hal utama yang bisa diatur:
1. kecepatan
2. arah pesawat (heading)
3. ketinggian
 
Kita memberikan ketiga parameter tersebut dengan tombol pemutar yang bisa diputar ke kanan atau ke kiri dan hasilnya ada di jendela yang berisi angka ketiga parameter tersebut.
Ada dua jenis tombol di MCP/FCU, yang pertama adalah push button (tombol tekan) dan rotate knob (tombol pemutar). Push button hanya bisa ditekan sedangkan rotate knob bisa diputar, juga ada yang bisa ditekan dan ditarik. Di Microsoft Flight Simulator sepertinya rotate knob hanya bisa diputar.
 
Setelah kita memberikan parameter yang dibutuhkan, maka kita akan memerintahkan autopilot untuk menjalankannya.
 
Contohnya:
a. untuk arah/heading, kita putar arah yang dituju (000° s/d 359°) lalu tekan tombol HDG di MCP.
b. Sedangkan untuk kecepatan putar kecepatan yang kita mau, lalu tekan tombol SPD.
c. Untuk naik atau turun, masukkan ketinggian dan tekan tombol Level Change.
 
Contohnya penggunaan: Setelah take off, masukkan angka 250 di jendela kecepatan (speed window), heading
 
misalnya 000 (ke utara) di jendela heading, dan 10000 di jendela ketinggian (ALT). Lalu tekan tombol Z di
 
keyboard atau AP di MCP/FCU, untuk mengaktifkan auto pilot dan tekan tombol HDG dan SPD dan LVL CHG di MCP/FCU.
Jangan lupa mengaktifkan/ menekan tombol auto thrust (A/THR) agar mesin pesawat juga dikendalikan oleh MCP/FCU.
 
Maka auto pilot akan membelokkan pesawat ke arah 000°dan kecepatan 250 Knots dan naik/turun ke 10 ribu kaki. Di pesawat aslinya untuk pesawat Airbus tidak ada tombol HDG, SPD atau LVL CHG. Untuk mengaktifkan perintah maka kita menarik tombol pemutar yang bersangkutan. Misalnya setelah memutar tombol ke kecepatan ke 250 knot, lalu kita menarik tombol tersebut.  

selamat mencoba.
 

----- Original Message -----
From: "vicky hardjono"
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Thursday, January 29, 2009 10:05 AM
Subject: jadi penerbang

 selamat siang

 saya ingin nanya umur max untuk masuk sekolah penerbang dibatasin g  ya.....kalo pake kacamata boleh g
 saya berumur 27 tapi saya ingin sekolah penerbang seperti di aeroflyer  atau deraya dan alfa.....

kira2 biayanya berapa ya apa saya masih bisa masuk karena saya bener2 ingin sekali bisa menjadi penerbang,,,

 terimakasih
 sukses selalu untuk ilmuterbang.com

Dear Vicky,
Terima kasih telah membaca ilmuterbang.com.
Tidak ada batasan umur penerbang dan boleh memakai kacamata.
Untuk jelasnya silahkan baca di menu Blog - Menjadi Penerbang dan kumpulan
tanya - jawab di menu FAQ - Pertanyaan pembaca tentang menjadi penerbang
Sedangkan untuk biaya tergantung masing-masing sekolah. Silahkan hubungi
sekolah yang anda tuju. Link nya ada di Pranala - Sekolah penerbangan.
Sukses selalu,
admin
 

----- Original Message -----
From: firmansyah gunadi putra
To: web admin ilmuterbang.com
Sent: Saturday, January 10, 2009 12:00 PM
Subject: Balasan: Re: bantuan biaya utk menjadi pilot


selamat sore....
 
kl saya mengajukan proposal bantuan biaya pendidikan pilot,ke maskapai - maskapai penerbangan apakah bisa??
 
trim's
 
firmansyah

Firmansyah yth,
 
Bisa saja mengirimkan proposal untuk bantuan biaya pendidikan penerbang ke maskapai penerbangan. Masalahnya adalah, ketersediaan penerbangan saat ini masih cukup. Jadi tanpa menyediakan bantuan pun, saat ini maskapai penerbangan masih menerima lamaran dari penerbang junior.
Ada sebuah agen sekolah penerbang yang menurut isi websitenya dapat mengusahakan pinjaman untuk siswa penerbang. Namanya Trinitas Air, linknya ada di ilmuterbang.com.
Silahkan hubungi mereka, kami tidak ada hubungan sama sekali dengan organisasi tersebut.
 
admin

----- Original Message -----
From: Adi Atmaja Atmaja
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Wednesday, January 07, 2009 7:54 AM
Subject: i need some help ?

Assalamualaikum wr wb, dan salam sejahtera selalu utk kita semua,
saya mau minta tlong nih Kak,
1.Dimana saya bisa men-download add-on pesawat untuk FSX misal merk pesawat seperti lion air ataupun qatar airways dan klo bisa beri alamat website nya, mohon instruksinya Kak ?

 

Coba lihat di sini: http://flyawaysimulation.com/downloads.html
Pesawat Lion Air adalah MD-82 dan B737-400 dan B737-900, Pesawat Qatar Airways adalah Airbus A320, A330, A340 dan Boeing B777, sedangkan warnanya harus diedit sendiri dengan beberapa software tertentu. Saya tidak tahu program apa yang biasa dipakai. Coba baca-baca website diatas, mungkin ada artikel tentang itu.
 

----- Original Message -----
From: firmansyah gunadi putra
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Monday, January 05, 2009 5:21 PM
Subject: bantuan biaya utk menjadi pilot

Selamat malam....
 
saya mau bertanya tentang cara mendapatkan bantuan dana untuk pendidikan penerbang..
 
 bagaimana cara mendapatkan dukungan penuh dana untuk menjadi / mengikuti sekolah penerbang?? apabila ada mohon informasi pemberi dana atau maskapai penerbangannya....
 
Trim's
 
Firmansyah GP.

 

dear Firmansyah,
Bantuan biaya untuk menjadi penerbang selama ini diberikan oleh maskapai penerbangan seperti Merpati, Garuda dan Batavia. Biasanya perusahaan-perusahaan tersebut akan memasang iklan di media. Jika kami menemukan iklan seperti itu, kami akan selalu menerbitkannya di ilmuterbang.com.
 Sukses selalu,
Admin

----- Original Message -----
From: "Eko Mulyono" <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Wednesday, December 24, 2008 11:07 PM
Subject: informasi ilmu terbang untuk rotary wing?

Assalam alaykum capt.,
Saya tertarik dengan ilmu terbang untuk rotary wing. Apakah captain bisa tambahkan informasi ilmu terbang (licence, sekolah terbang, link, dll) untuk rotary wing di website ilmuterbang.com?
terima kasih. salam penerbang. wassalam alaykum,
Eko

Assalamualaikum wr.wb.
Bp. Eko yth,
Terima kasih telah menulis pada kami.Kami berusaha untuk menambahkan semua informasi tentang penerbangan di ilmuterbang.com. Sayangnya saat ini semua kontributor artikel di lmuterbang.com belum ada yang menerbangkan pesawat rotary wing. Kami berusaha untuk menghubungi beberapa penerbang rotry wing untuk mengisi di website ini tapi sampai saat ini mereka belum sempat untuk menambah materi tentang rotary wing.

Untuk sekolah penerbang, saat ini di Indonesia hanya ada sekolah penerbang iliter yang kalau tidak salah menjalankan pendidikan rotary wing di Kalijati. Sedangkan lisensinya sama dengan fixed wing, dengan aturan yang agak berbeda yang bisa di lihat di CASR 61 untuk licensing dan CASR 91 untuk aturan terbang general.
Kami akan usahakan untuk membahas rotary wing sedapat mungkin.
Wassalam,

admin
 

----- Original Message -----
From: Adi Atmaja Atmaja
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Tuesday, December 09, 2008 9:13 AM
Subject: Mau tanya nih !!!

Assalamu alaikum Wr Wb & salam sejahtera bagi kita semua, Kak saya mau tanya nih Dalam prinsip Gaya angkat pesawat terbang, apa saja yang mempengaruhi gaya angkat tersebut  dan kalau dirumuskan secara fisika bagaimana ?

 

Waalaikum salam wr.wb,
 
Gaya angkat pesawat sudah dibahas di bab 2 di menu PPL, http://ilmuterbang.com/index.php/artikel-mainmenu-29/teori-penerbangan-mainmenu-68/26-private-pilot/129-bab-2-prinsip-penerbangan
 
Sedangkan bab 3 masih dalam proses penterjemahan, jika ingin membaca versi aslinya silahkan baca attachment yang saya lampirkan.
 
Selamat belajar,
 
admin

 

----- Original Message -----
From: dhearlyn damanik
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Tuesday, December 09, 2008 5:59 AM
Subject: Usia Penerbang

Adminn ilmu terbang..
Saya tertarik akan sekolahn penerbang, yang ingin bertanya apakah untuk mengikuti sekolah penerbang yang nantinya akan menjadi penerbang sipil dengan umur 35 tahun bisa dimungkinkan..?

 Yth Dhearlyn Damanik,
 
Secara regulasi dan undang-undang, batas maksimum untuk menjadi penerbang adalah 65 tahun. Jadi secara teori umur 35 tahun tidak menjadi masalah. Tapi perlu diingat banyak perusahaan memberi batas maksimum penerbang tanpa pengalaman, misalnya di perusahaan kami adalah 30 tahun. Mohon diperiksa kembali batas usia di perusahaan yang anda tuju.
Terima kasih dan sukses selalu,
 
admin


----- Original Message -----

 

From: fanji farman
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Thursday, November 27, 2008 11:03 AM
Subject: vidio youtube

ass
ka ni fanji di sumedang mau tanya
1. ada g vidio tapi tipe 3gp bukan yuotube.karena kalo youtube susah di download dan kalo nonton suka mati sendiri n lemot filemnya,
2. test TOEFL tuh kaya apa sih bentuknya kaya TOEC bukan dan pertanyaan nya seperti apa.pelajaran STM bukan
3. apa saja yang harus fan pelajari untuk menjadi pilot mumpung ada waktu 4 bulan lagi karena fan baru lulus STM dan kemaren mu daftar ke deraya udah tutup terus di duruh dateng lagi bulan maret.
tolong bales emailnya

FANJI FARMAN
SUMEDANG

Yth Fanji,
 
1. Sayang sampai saat ini kami belum menemukan video penerbangan berbasis 3gp. Kalau ada akan langsung kami terbitkan. Sedikit saran, coba install real player sehingga ada pilihan download this video, jadi kita download di komputer kita dan baru ditonton setelah selesai download. Biasanya tidak akan mati sendiri.
 
2. Untuk test TOEFL, coba cari bukunya di Gramedia karena saya sering lihat di bagian bahasa Inggris. TOEFL lebih komplit dibandingkan dengan TOEIC. Kalau malas baca buku, lebih baik ambil saja kursus TOEFL.
 
3. Banyak baca, terutama dalam bahasa Inggris, ini saya lampirkan buku panduan penerbang dari FAA yang saya terjemahkan di website untuk pembaca awam. Tapi untuk calon penerbang sebaiknya membaca dalam versi bahasa inggrisnya.
Karena ukurannya yang besar kami kirimkan bab 1 - bab 4. Jika sudah selesai bab 4 silahkan hubungi kami untuk mendapatkan bab berikutnya. Jangan lupa menggunakan kamus untuk menterjemahkan perkata untuk dapat mengerti sekalian belajar bahasa Inggris.
 
Jika ada yang kurang mengerti dalam handbook ini, silahkan kirim email agar bisa kita bahas.
terima kasih,
 
admin  
 

----- Original Message -----
From: Adi Atmaja Atmaja
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Wednesday, November 26, 2008 12:17 PM

Kak,mau tanya nih,
1. apa bedanya VFR dengan IFR , yang jelas ye??

Bedanya adalah cara menerbangkan pesawatnya.
 
Jika terbang dengan aturan Visual (Visual Flight Rules) maka menerbangkan pesawat sama dengan seperti mengemudi mobil, yaitu melihat keluar dan hanya melihat ke instrument di dalam pesawat seperlunya saja untuk menjaga ketinggian, kecepatan dan arah.
 
Jika terbang dengan IFR (Instrument Flight Rules) maka penerbang hanya melihat ke instrument pesawat saja. Terutama jika menerbangkan dalam jarak pandang yang rendah atau cuaca buruk, atau menerbangkan pesawat jet karena pada ketinggian beroperasinya, penerbang tidak dapat melihat daratan.
 

----- Original Message -----
From: Adi Atmaja Atmaja
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Wednesday, November 26, 2008 12:12 PM
Subject: Mau tanya nih ???

Kak, mau tanya nih
1.Apa kepanjangan dari MCDU pada komponen pesawat boeing 7xx and apakah hanya pesawat boeing doang yang punya MCDU ?
 
2.FItur-fitur apa saja yang ditampilkan dari MCDU ini ?
 
3.Apa fungsi MCDU, and apa benar MCDU itu bisa dioperasikan untuk auto-landing (pendaratan atomatis) padahal saya rasa untuk landing itu harus dalam keadaaan manual / navigasi sendiri ,jelaskan ?


Yth Adi,
Maaf baru bisa menjawab emailnya karena kesibukan kerja saya dan tidak adanya internet di tempat saya menginap. Saya coba jawab satu-satu ya:
1. Pelajaran yang penting sebenarnya adalah fisika, matematika dan bahasa Inggris, tapi jangan lupa institusi seperti STPI Curug atau Akademi AU akan melihat keseluruhan nilai yang anda miliki. Jadi pelajari semua mata pelajaran dengan serius.
 
2. MCDU adalah Multipurpose Control Display Unit/Multi-Function Control Display Unit. Sebenarnya fungsinya adalah seperti monitor dan keyboard pada sebuah komputer.
Jadi sebuah pesawat modern baik itu Boeing atau Airbus ataupun merk lain, biasanya mempunyai rangkaian komputer yang disebut Flight Management Computer (FMS). Karena saat ini saya menerbangkan pesawat Airbus maka saya akan terangkan tentang FMS di pesawat Airbus. Inti cara kerjanya sama saja.
FMS ini perlu dikendalikan melalui sebuah panel yang disebut MCDU untuk mengetikkan perintah dan titik-titik navigasi yang akan dilewati pesawat. Saya akan coba ceritakan di website minggu depan.
 
3. Fitur yang ada di FMS (bukan MCDU, karena MCDU hanyalah sebuah alat input dan output) antara lain:
a. programming untuk persiapan terbang (memasukkan jalur2 penerbangan, memasukkan berat muatan dan berat bahan bakar, ketinggian yang di rencanakan dll)
b. programming selama penerbangan (mengganti jalur penerbangan, mengganti ketinggian dll)
c. fuel planning (untuk menghitung kebutuhan bahan bakar)
dll
 
4. MCDU tidak ada hubungannya dengan Auto Landing. Auto landing adalah pekerjaan autopilot yang mendapat input dari perangkat di darat yang namanya ILS (Instrument Landing System).
 
Sekian dulu, nanti kalau saya sudah ada waktu lebih banyak akan saya lanjutkan di website. Jika ada yang kurang jelas silahkan email kembali pada saya.
Terima kasih, selamat belajar

admin ilmuterbang.com

----- Original Message -----
From: "oreo"
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Wednesday, November 19, 2008 7:27 PM
Subject: Site Tentang Penerbangan Indonesia: pilihan

tuan yg terhormat.
sy mau tnya ttg sklh penerbang..

sy bingung, apakah lebih baik masuk sekolah penerbang negeri (STPI) apakah swasta? soalnya biayanya sama saja.
tolong mohon pendapat dan rincian pertimbanganya..

thank's b4

 

halo,
Sebelumnya kami minta maaf karena kami bukanlah lulusan STPI atau sekolah lain di Indonesia. Jadi pendapat yang ada hanyalah dari yang kami dengar dari rekan-rekan penerbang lulusan sekolah penerbangan di Indonesia.Dengan biaya yang sama, selama ini STPI mempunyai fasilitas yang lebih dari sekolah lain. Misalnya lapangan terbang Budiharto dari awal memang dipakai untuk pelatihan.

Sedangkan kualitas dari penerbangnya sendiri ditentukan oleh pribadi masing-masing. Dengan lisensi yang sama, seorang penerbang bisa lebih pandai dari yang lain karena dia lebih banyak membaca dan berlatih. Maka saran kami, apapun sekolah penerbang yang anda pilih, maka masa depan nda tetap ada di tangan anda sendiri.
Selamat dan sukses.
admin ilmuterbang.com

----- Original Message -----
From: "Kendarasa Sastra Perwira"
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Tuesday, November 18, 2008 8:50 AM
Subject: Site Tentang Penerbangan Indonesia: Info beasiswa pilot terbaru
untuk tahun 2009
 
saya lulusan dari SMKN 12 Bandung (STM Penerbangan), pada tahun 2005, cita2 saya adalah menjadi pilot, tetapi karena keterbatasan biaya jadi saya tidak bisa melanjutkan kuliah ke sekolah penerbangan...sudah sejak lama saya mencari informasi besiswa menjadi pilot...tetapi untuk informasi besiswa pilot di batavia air sudah sangat terlambat saya mengetahui nya...maka dari itu saya mohon informasinya tentang besiswa pilot jika di tahun 2009 ada perusahaan penerbangan yang mengajukan beasiswa pilot  gratis...trimakasih atas segala bantuan dan perhatiannya...wassalam

Salam,
Kami selalu menerbitkan informasi yang kami dapat untuk penerimaan penerbang lewat jalur kadet/beasiswa.
Jadi jangan lupa untuk melihat website ilmuterbang.com secara teratur.
Terima kasih dan sukses selalu,
admin.
 

----- Original Message -----
From: "Putra"
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Tuesday, September 30, 2008 6:58 AM
Subject: Site Tentang Penerbangan Indonesia: Menanyakan Informasi endorsement

Saya saat ini sedang sekolah di sekolah penerbangan di negara Philipinnes

Jika saya sudah mendapat Pilot License disini bagaimana caranya agar Pilot License saya diakui di Indonesia?

Berapa jam terbang yang harus saya miliki?

adakah ketentuan-ketentuan lain yang harus saya miliki?
Saya mohon bantuannya
Terima kasih

Dear Putra,
Setelah anda selesai sekolah terbang di luar negeri, silahkan hubungi salah satu sekolah penerbangan di Indonesia untuk mengikuti program konversi/
endorsement license.
Jam terbang dan kebutuhan lain untuk endorsement ada di CASR Part 61.
Sukses selalu,
admin

 

----- Original Message -----
From: "Syahriza FaLah"
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Monday, September 29, 2008 6:55 AM
Subject: Site Tentang Penerbangan Indonesia: Tes

Pak, Saya akan menjalani tes kesehatan kedua & Tes bakat terbang.
Pertanyaannya:
1. Apa perbedaan tes kesehatan pertama dan kedua? Dan apa yang harus disiapkan?
2. Apa yang harus disiapkan dalam tes bakat terbang? Apa saja penilainnya?Apakah Flight simulator di komputer cukup membantu? Atau harus mengikuti course di Flying school swasta? Mohon doa nya agar saya bisa diterima sebgai Taruna di STPI, Trims...

 
Assalamualaikum wr.wb.
1. Mohon maaf, karena kontributor dan pengasuh ilmuterbang.com, bukanlah
lulusan STPI Curug, jadi kami kurang tahu bedanya tes 1 dan 2. Tapi rasanya
jika lulus tes 1 dan disiplin dengan makanan dan olahraga ringan, tidak ada
masalah dengan tes 2.
2. Tes bakat terbang sepertinya melihat kemampuan psikologis untuk jadi
penerbang, karena misalnya mungkin seseorang yang ingin menjadi penerbang
ternyata mempunyai kelemahan tidak bisa berada di ketinggian atau misalnya
ternyata dia seorang penggugup/ceroboh. Jadi kalau anda seorang yang normal
tidak ada yang perlu ditakutkan.

Flight Simulator cukup membantu untuk tes bakat, asal anda tahu prinsip
dasar penerbangan. Di dalam Microsoft Flight Simulator baik versi 2002, 2004
dan FSX ada pelajaran awal untuk penerbang. Silahkan dicoba dan juga
usahakan untuk mengerti.
Kami saat ini memainkan Microsoft FS X, jadi kalau ada yang kurang paham
dalam pelajaran dasar penerbangan dalam Microsoft FSX tersebut silahkan
hubungi kami kembali.
Kami selalu mendoakan anda agar selalu sukses dalam tes dan pendidikan
penerbang anda, insha Allah. amin.
Sukses selalu,
wassalam,

admin

----- Original Message -----
From: oedia agoeng
To: web admin ilmuterbang.com
Sent: Saturday, September 27, 2008 11:09 AM
Subject: Re: Site Tentang Penerbangan Indonesia: jadi pilot heli di luar negeri

Kalo boleh tau living cost yg dikeluarkan selama 1 bulan dgn gaji 8rb-15rb rata2 perbulan habis brapa ya?
kemudian apakah anak istri bisa ikut dgn kita? rata2 apakah kesejahteraan keluarga juga diperhatikan oleh perusahaan tempat kita kerja?? tks b4


Sebagai gambaran saja, tergantung negara yang di tuju dan gaya hidup, living cost sekitar 4rb-6rb USD. Termasuk apartment/rumah. Biasanya anak istri bisa dibawa, kecuali negara dengan keamanan rendah seperti Sudan dan Nigeria.
Kesejahteraan keluarga yang ditanggung biasanya adalah health insurance. Uang sekolah anak ada yang ditanggung ada yang tidak.
 
Semua informasi hanya bisa anda dapatkan setelah mendapatkan offering letter untuk pekerjaan yang anda tuju.
 
Sukses selalu,
admin

----- Original Message -----
From: "agung"
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Friday, September 26, 2008 6:58 PM
Subject: Site Tentang Penerbangan Indonesia: jadi pilot heli di luar negeri

Ass..
saya seorang pilot memiliki CPL 1200jam,saya mempunyai keinginan untuk bekerja di luar negeri yg katanya gajinya sekitar 11000USD, apa benar?
apa yg perlu saya siapkan?ngelamarnya lwt mana? apa saja kendala yg biasanya dialami oleh pilot2 heli indonesia yg bekerja
di luar negeri? baik dari segi kehidupan,fasilitas,kesempatan dsb..
harap maklum.. krena saya awam sekali mengenai bekerja sbgi pilotheli di
luar negeri.. trims

 


Assalamualaikum wr.wb.
Terima kasih telah menulis pada kami. Terus terang, kami adalah pilot fixed wing yang kurang mengerti "pasaran" kerja helikopter.
Beberapa dari kami bekerja di Timur Tengah dengan gaji antara 8000-15000 USD perbulan dengan living cost yang cukup tinggi juga.
Yang kami tahu sekarang kesempatan kerja untuk pilot helikopter ada perusahaan-perusahaan minyak di timur tengah dan Afrika. Silahkan dicari dengan google, perusahaan mana saja yang mempekerjakan pilot heli. Kata kunci yang bisa dipakai adalah "helicopter job", "helicopter recruitment", "helicopter emplyment"
Selain timur tengah dan afrika, tempat lain seperti eropa biasanya anda diharuskan punya jin tinggal sebelum melamar.
Syarat yang biasanya diminta adalah pengalaman di offshore operation.
Sedangkan fasilitas yang diberikan tergantung pada perusahaan masing-masing.

Perusahaan helikopter yang kami tahu saat ini sedang membutuhkan pilot
contohnya adalah gulf helicopter:
http://www.gulfhelicopters.com/GHC/english/operations.html

Head hunter atau agen pencari seperti (berikan cv anda pada mereka):
1. http://www.parcaviation.aero/
2. http://www.rishworthaviation.com/

Anda juga bisa mencari website2 seperti:
1. http://www.helijobs.co.uk/
2. http://www.helinews.com/employ.shtml

Selamat mencari dan sukses selalu,
wass
admin

----- Original Message -----
From: "Lazarus Rio Raymond"
To: <Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.>
Sent: Wednesday, September 24, 2008 5:15 PM
Subject: Site Tentang Penerbangan Indonesia: Bagaimana mendapatkan sponsor
untuk menjadi penerbang di STPI Curug?

Saya sudah lulus test di stpi sampai dengan test wawancara tak lama lagi saya test kesehatan II. Saya masuk jurusan Penerbang, saya sangat ingin masuk di STPI Curug menjadi penerbang karena itulah cita-cita saya dari kecil tetapi saya tidak ada biaya untuk masuk stpi. Bagaimana saya mendapatkan sponsor untuk membiayai sekolah di stpi.
Saya mohon jawabannya.

Terima kasih.

Halo,
Selamat atas keberhasilannya. Sampai saat ini hanya satu agen yang kami tahu bisa memberi student loan/ pinjaman bagi siswa, yaitu Trinitas Air di Halim.
http://www.trinitasair.com/loan.html, silahkan hubungi mereka secara langsung. Kami tidak memiliki hubungan dengan mereka.

Ada ide lain lagi untuk menghubungi airline yang ada . Siapkan surat lamaran untuk menjadi pilot dan katakan jika anda di terima di STPI Curug tapi butuh biaya yang dapat anda ganti dengan masa bakti/ kontrak kerja.
Sedikit tip, agak susah bertemu dengan petinggi airline, jadi jangan enyerah kalau ditolak oleh seseorang, usahakan untuk bertemu dengan salah satu manager yang mungkin tidak bisa memberi keputusan tapi bisa memperkenalkan anda pada tingkat yang lebih tinggi misalnya Dirut atau bahkan owner.

Sukses selalu,
admin